Sabtu, 04 Februari 2012

Nikmati Ragam Khasiat Alfalfa

Tumbuhan asli timur tengah ini menyimpan berjuta manfaat kesehatan. Nikmati kesegarannya secara rutin, tubuh sehat imbalannya.
Alfalfa memang belum begitu populer di kalangan masyarakat kita. Maklum saja, selain asalnya yang memang jauh dari negara subtropis, alfalfa impor yang tersedia di pasaran pun masih sangat terbatas dengan harga yang cukup tinggi pula. Di negara-negara Eropa, tumbuhan ini biasa digunakan untuk pakan ternak bermutu tinggi. Dan ternyata, tidak hanya bermanfaat bagi ternak, kandungan klorofil alfalfa pun mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan manusia.
Khasiat tanaman dengan nama latin Medicago sativa ini bagi kesehatan manusia memang telah diteliti oleh banyak ahli kesehatan dunia. Menurut Dr. Ir. H. Nugroho W. Dipl. WRD, M.Eng., seorang pembudidaya alfalfa di kawasan Boyolali, Jateng, kandungan protein alfalfa sangat tinggi, “Proteinnya, ini hasil analisa pangan ya, kalau ditotalkan, hasilnya 32%. Menyamai kedelai. Kedelai ‘kan 45.”
Kandungan Gizi Lengkap
Konon kandungan gizi alfalfa merupakan yang terlengkap di antara semua tumbuhan. Hampir semua zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan terkandung di dalam tumbuhan yang termasuk keluarga kacang-kacangan ini. Sebut saja mineral. Mineral unggulan berupa kalsium, besi, magnesium, fosfor, tembaga, dan seng terkandung di dalamnya. Vitaminnya, mulai dari vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, K, hingga asam folat juga ada. Tidak heran, tumbuhan ini dikenal sebagai bapak dari segala tanaman.
Seperti yang dikemukakan Prof. Dr. Made Astawan, ahli Teknologi Pangan dan Gizi IPB dalam sebuah literatur, alfalfa mengandung komponen-komponen yang bersifat fungsional bagi tubuh, seperti saponin, sterol, flavonoid, kumarin, alkaloid, vitamin, asam amino, gula, protein, mineral, dan serat dalam jumlah yang cukup banyak. Saponin yang terkandung dalam akar alfalfa ini dapat menghambat peningkatan kolesterol pada darah hewan uji.
Juga menurut Made, Vitamin K yang terkandung dalam 100 g alfalfa dapat memenuhi 38% dari total kebutuhan tubuh dalam sehari. Vitamin K sangat penting untuk pembentukan protein, penggumpalan darah, dan sebagai zat antihemolitik saat pendarahan. Menegaskan hal tersebut, “Kalau ada luka tersayat, ditaburi saja dengan serbuk atau cairan (alfalfa) ini, dalam hitungan detik (lukanya) langsung menutup,” ungkap Nugroho.
Mendampingi kandungan zat gizi lengkapnya, klorofil alfalfa juga amat penting. Kandungan klorofil alfalfa yang mencapai empat kali klorofil tanaman lain, berdasarkan beberapa literatur. Klorofil ini memberikan manfaat kesehatan di antaranya membantu mengeluarkan racun tubuh, menyeimbangkan kadar asam- basa dalam tubuh, meningkatkan jumlah sel darah merah, membuat kulit sehat dan awet muda, serta meningkatkan kekebalan tubuh (AGRINA Edisi 75, 15 April 2008).
Terbukti bermanfaat sebagai antikanker (AGRINA Edisi 83, 5 Agustus 2008), berbagai penelitian yang dilakukan beberapa ahli kesehatan pun membuktikan bahwa alfalfa berkhasiat mengatasi berbagai macam penyakit. “Manfaatnya bagi kesehatan sebenarnya cukup banyak, mengingat fungsinya dalam menangkal radikal bebas,” ujar Nugroho. 
Dari banyak manfaat yang diungkapkan, di antaranya mencegah radang sendi dan rematik, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan risiko serangan stroke dan menghambat penurunan fungsi syaraf, mengatasi kelelahan, mengurangi bahaya merokok, serta menghambat penuaan.


UIE Liquid Chlorophyll
APA ITU K-LIQUID CHLOROPHYLL?
K-Liquid Chlorophyll adalah minuman kesehatan (Herbal Drink) yang bahan utamanya adalah sari klorofil dari daun Alfalfa (Medicago sativa), suatu herbal bernilai nutrisi tinggi.

KOMPOSISI:
Sari Daun Alfalfa yang mengandung : Sodium, Copper, Chlorophyllin, Vit A, B-Complex, C, E, Calsium, Magnesium, Pospor, Asam Amino, Alpha & Beta Carotine + UIE (Universe Induce Energy).

MANFAAT/KEGUNAAN:
  • Sebagai Anti Oxidant, baik untuk kesehatan mata, paru-paru, lambung, pencernaan dll.
  • Satu sendok makan K-Liquid Chlorophyll sama dengan 1 Kg sayur.
  • Memperlancar dan membersihkan darah dari segala bentuk racun dan zat kimia dalam tubuh.
  • Berfungsi sebagai anti kanker.
  • Menjaga keseimbangan Hormon dan keasaman dalam tubuh.
  • Menghalangi pertumbuhan bakteri dan mempercepat penyembuhan luka.
  • Meningkatkan daya serap nutrisi dan energi.


FUNGSI UTAMA K-LIQUID CHLOROPHYLL:
  • Cleansing
    Membersihkan sistem pencernaan, membersihkan darah, membunuh bakteri, mencegah infeksi dan detoksifikasi.
  • Balancing
    Menyeimbangkan kadar asam dan Alkali di dalam tubuh.
  • Nourishing
    Meregenerasi sel darah merah dan menstimulasi regenerasi sel.


Sumber :
agrina-online.com 
K-LINK INTERNASIONAL 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar