Selasa, 14 Februari 2012

tentang cuka kayu??


Selama lebih dari 30 tahun sekarang, petani Jepang telah menggunakan cuka kayu untuk meningkatkan tanaman dan produksi ternak. Mereka menggunakannya sebagai: 1) semprot daun, terutama untuk jamur (abu-abu cetakan), 2) insektisida bila dicampur dengan cabai, 3) penambah untuk pembuatan kompos, 4) kondisioner tanah untuk memperbaiki tanah bila dicampur dengan arang, dan 5 ) pakan suplemen atau aditif untuk pakan ternak
Apakah cuka kayu?
Cuka kayu adalah zat cair yang diperoleh ketika bahan-bahan organik seperti kayu, tempurung kelapa, bambu, rumput, dan tanaman lainnya ditempatkan dalam ruang pemanas. Ketika bahan-bahan yang dipanaskan, jus mereka, minyak, dan isi cairan menguap sebagai uap atau uap. Uap melewati tabung mana ia akan dibiarkan dingin. Ketika didinginkan, uap akan berubah menjadi cair (proses kondensasi). Ruangan dipanaskan dengan membakar kayu bakar di bagian bawah ruangan. Cairan (cuka kayu) mengalir dari tabung ke dalam wadah siap untuk pengepakan, penyimpanan, atau penggunaan.
Cuka kayu mengandung zat organik seperti asam organik, zat fenolik, zat karbon, alkohol, bahan netral, dan zat dasar asam. Selain itu, sekitar 200 zat kimia juga hadir.
Studi menunjukkan bahwa ketika cuka arang dan kayu digunakan sebagai suplemen pakan pada unggas, salmonella bakteri, yang bertanggung jawab untuk penyakit pencernaan ayam, telah dieliminasi. Dalam produksi telur ayam, petani mengklaim bahwa ayam mereka meningkatkan kinerja mereka bertelur, memiliki karakteristik pemeliharaan lebih baik, dan meningkatkan efisiensi penetasannya. Hal ini juga meningkatkan kualitas telur seperti rasa lebih baik, mengurangi kandungan kolesterol, dan memiliki kulit telur lebih keras.
Studi pada produksi babi menunjukkan bahwa induk babi meningkatkan kinerja mereka. Mereka menjadi sehat, tingkat kesuburan mereka membaik, dan ukuran anak babi menjadi seragam. Para fatteners juga meningkatkan efisiensi pakan dan kualitas daging. Bau busuk dari kotoran sapi dari babi juga berkurang. Selanjutnya, laporan dari petani menunjukkan bahwa induk babi mereka meningkatkan produksi susu dan diare pada anak babi dicegah atau disembuhkan.
Pada sapi, dikatakan bahwa cuka kayu juga berhasil meningkatkan efisiensi daging kualitas, tingkat kesuburan, produksi susu, dan pakan.
Cara membuat
Cuka kayu sebenarnya merupakan distilat pembakaran kayu. Menurut Mr Masaki Yokomori, konsultan teknis dari Jepang Kerjasama Penukaran Pertanian (JAEC) dari pemerintah Jepang, dengan biaya diperkirakan dari P30, 000 diperlukan untuk pembangunan ruang. Meskipun desain dapat dimodifikasi sesuai dengan sumber daya yang tersedia, kebutuhan lain seperti air, kayu bakar, bambu, rumput, dan lain-lain mudah harus tersedia. Kecuali pohon pinus, ada jenis pohon dapat dimanfaatkan dalam memproduksi cuka kayu.
Departemen Pertanian Thailand-Pertanian Kantor Produksi Ilmu Penelitian dan Pengembangan merekomendasikan berikut sebagai langkah dalam memproduksi cuka kayu:
  1. Cure kayu yang memiliki kayu batang dan kulit selama 5-15 hari.
  2. Tumpukan kayu dalam kiln (Gambar 1). Tutup kiln dan menutupi setiap lubang dengan tanah liat. Membakarnya di 120-430 ยบ C.
  3. Setelah satu jam, menempatkan ubin di bagian atas cerobong asap. Jika coklat atau tetes coklat tua muncul di lantai, membiarkan asap mengalir melalui pipa bambu sehingga uap panas dapat diringkas menjadi cair.
  4. Tempatkan kapal untuk mengumpulkan tetes cuka dari pipa bambu.
  5. Jika kayu dibakar selama 12-15 jam dalam kiln Drum 200 liter minyak, harus menghasilkan 2-7 liter cuka kayu. Pada tahap ini, hal itu disebut cuka kayu mentah.
  6. Biarkan cuka kayu mentah selama tiga bulan untuk menjadi tertimbun lumpur. Cuka akan menguning seperti minyak sayur, setelah itu akan berubah menjadi cokelat terang dan tar akan menjadi tertimbun lumpur. Isi atas akan menjadi ringan, minyak jelas. Lepaskan tar dan minyak ringan, serta minyak tembus coklat tua dan sisanya akan cuka asam.
Cara menggunakan
Cuka kayu harus dicampur dengan air dengan perbandingan 1:50 (1 liter kayu cuka dan air 50 liter), atau sampai dengan rasio 1:800 (1 liter kayu cuka dan air 800 liter).
Untuk produksi pabrik khusus, semprot solusi atas tunas tanaman. Cuka kayu, seperti hormon, akan diserap ke ranting, batang, atau daun. Tanaman akan lebih kuat, dan daun akan menjadi lebih ramah lingkungan dan tahan terhadap hama dan penyakit. Alternatif teknologi
Teknologi ini menawarkan produk pertanian alternatif yang ramah lingkungan, secara lokal tersedia, dan tampaknya mudah untuk mengikuti teknologi. Ini membahas masalah ini dan muncul yang mempengaruhi industri pertanian. Terutama yang adalah harga terus meningkat dari input pertanian seperti pupuk, pakan, pestisida, dan antibiotik.
Ini diperparah oleh masalah yang berkaitan dengan produksi makanan yang aman dan murah, dan pencemaran lingkungan dari penggunaan bahan kimia, dan dari hewan membusuk dan limbah pertanian. Mitigasi kekhawatiran ini harus difasilitasi dengan menggunakan cuka kayu dengan demikian, melihat lebih dekat pada teknologi ini dianjurkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar